16 Agustus 2022

Girls, Yuk Rawat Mobil Kesayangan Kamu! Ini Cara Mudah Merawatnya!

Cewek-cewek yang sudah punya mobil pribadi, sini kumpul! Ternyata, perawatan mobil yang biasa kamu lakukan di bengkel, kamu bisa lakukan sendiri loh di rumah. Oh iya, salah satu hal yang perlu kamu ketahui, mobil kesayangan kamu juga harus memiliki asuransi mobil wanita juga! Biar aman dan nyaman ketika sesuatu hal yang terjadi pada mobil kamu, bisa ditangani dengan memiliki asuransi.

asuransi mobil wanita

Lalu, emangnya apa aja sih perawatan mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah? Yuk, kita bahas bersama.

  1. Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Belakangan ini kamu pasti lebih banyak berkegiatan dari rumah, bukan? Nah, jangan lupakan juga kalau mobil kesayangan juga butuh perawatan ringan dengan menyalakan mesinnya. Pastikan kamu selalu memanaskan mesin mobil maksimal seminggu sekali. Ya, kalau kamu bosan, ajak mobil kesayangan jalan-jalan sambil belanja bulanan, bisa juga kan?

  1. Rutin Cek Level Mesin Oli

Setelah rutinitas memanaskan mobil, jangan lupa untuk memeriksa kadar level pada level oli mesin. Caranya dengan mengeluarkan stik level oli, lalu bersihkan denga tisu atau lap lalu masukan kembali dan tarik kembali kemudian cek, apakah level oli mesin masih aman atau sudah berkurang. Tujuannya dibersikan menggunakan lap atau tisu adalah agar level pada oli mesin terbaca dengan jelas.

  1. Cek Level Air Radiator

Untuk mengecek level air radiator, kamu bisa langsung cek pada tabung bagian radiator atau reservoir cairan coolant. Pastikan cairan pada tabung berada diantara level maksimum atau minimum. Jika adanya kekurangan, kamu bisa langsung menambahkannya sendiri. Pastikan jika kamu ingin mengisi cairan ini, lakukan ditempat yang datar ya, girls! Selain itu, kamu juga bisa cek cairan wiper dan cairan pada red (brake fluid).

  1. Cek Baterai atau Aki

Tidak lupa untuk memeriksa bagian baterai atau aki pada mobil kamu ya, girls! Pastikan dalam keadaan bersih terutama dibagian kepala aki. Jika kotor, bersihkan dengan menggunakan kuas atau dengan sikat halus.

  1. Periksa Kondisi Ban

Level mesin oli sudah, level air radiator sudah, cek aki sudah, yang tidak boleh tertinggal adalah ban. Tekanan angin pada ban sering berkurang jika jarang digunakan. Jangan lupa dicek juga ya, girls!

  1. Rajin Membersihkan Kabin

Tidak hanya bagian mesin dan ban, bagian kabin mobil juga tidak boleh luput dari perawatan, ya! Bersihkan selalu kabin mobil agar selalu terasa bersih dan segar serta tidak membawa kuman dan bakteri ke dalam mobil.

Nah, ternyata membersihkan mobil sendiri itu cukup mudah, ya, girls! Untuk pemeriksaan mendalam mengenai mobil, kamu juga harus selalu patuh dengan jadwal rutin servis bulanan juga agar mobil kamu semakin awet, enak dipakai, dan nyaman pastinya.