16 Agustus 2022

Penasaran Apa Itu Brand Awareness! Cari Tahu Yuk!

brand awareness

Anda termasuk dalam salah satu orang yang suka banget belanja alias shopping gak sih? Kalau memang iya tepat sekali dong! Karena dalam melakukan belanja jangan sembarang di lakukan ya, takutnya anda malah beli produk yang ternyata kW bukan aslinya gitu.

Nah dalam sebuah produk tentu saja ada yang namanya brand awareness. Upsss, pastinya sebagian dari anda masih bingung ya dengan istilah yang satu ini. Gak masalah dong, karena untuk saat ini Mimin akan menjelaskan dengan tuntas apa itu brand awareness yang ada pada sebuah produk. Langsung saja yuk!

Apa Itu Brand Awareness Yang Ternyata Ada Di Produk?

Untuk bentuk kesadaran merek dapat anda lihat dari sejauh mana seorang konsumen mampu mengenali suatu merek produk itu sendiri. Sederhananya nih, brand awareness sendiri merupakan sejauh mana suatu merek dikenali oleh audiens target pembeli. Hal ini merupakan sebuah komponen penting dari proses pengambilan keputusan sebelum pada akhirnya anda melakukan pembelian.

Yang jelas anda sendiri pasti cenderung melakukan pembelian jika mengetahui kategori produk, bentuk logo, dan juga nama merek. Merek dengan bentuk brand awareness adalah yang cukup tinggi, maka umumnya disebut dengan istilah trend atau viral atau juga populer. Dimana hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran merek sangat penting saat anda sendiri berjuang memasarkan dan mempromosikan perusahaan dan produk, terutama pada tahap awal bisnis.

Namun dalam hal ini yang perlu anda ketahui dimana tekankan merupakan membuat produk. Atau sebuah bentuk layanan berbeda dari yang lain dalam kategori produk atau juga layanan yang sama. Brand awareness adalah akan mencakup brand recognition atau pengenalan merek sekaligus brand recall atau ingatan tentang merek.

Dengan sebutan lainnya, kesadaran merek ini tentu saja akan merujuk bahwa konsumen harus memulihkan merek dari ingatannya. Dengan benar pada saat diberi petunjuk /dia dapat mengingat merek tertentu ketika kategori produk disebutkan.

Manfaat Dari Brand Awareness

Mengarahkan Pada Sebuah Traffic ke Situs Web

Dalam menggunakan kampanye brand awareness yang kuat akan membantu anda semua untuk menghasilkan organic website traffic. Tingkat pencarian pada merek produk inilah yang menjadi kunci dalam metrik bagi anda yang ingin mengukur kesadaran merek. Dan sebagian besar konsumen tentunya akan lebih cenderung membeli pada merek yang mereka kenal melalui situs web dari merek yang mereka ketahui.

Hal ini tentu menjadi sebuah kesadaran merek dan afinitas merek meningkatkan rasio klik-tayang. Dan juga konversi dalam iklan online sebanyak tiga kali lipat dalam setiap produknya itu sendiri.

Penggunaan Brand Awareness yang Baik Dapat Membangun Sebuah Kepercayaan Pada Konsumen.

Dengan semakin banyak orang mengetahui merk produk, maka semakin mudah untuk anda dapat membangun kepercayaan. Pelanggan jadi disini tidak perlu lagi melakukan riset dari awal untuk mengenal merek produk jika merek Anda selalu jadi yang terdepan. Namun alangkah lebih cenderung akan bertanya kepada rekan atau keluarga.

Meningkatkan Bentuk Persepsi atau Suatu Citra Suatu Merek

Citra merek itu sendiri tentu saja tidak sama dengan kesadaran merek. Persepsi atau bentuk citra suatu merek itu sendiri maka akan lebih dari sekedar jumlah konsumen yang mengenal brand awareness Anda. Namun disini tentunya akan lebih berfokus pada perasaan mereka tentang brand Anda. Kesadaran yang ada pada sebuah merek di pasaran tidak akan bertahan lama jika brand yang anda memiliki citra yang buruk.