16 Agustus 2022

Jarang Diketahui, Inilah Fungsi Lemak Yang Dibutuhkan Tubuh!

Banyak orang yang beranggapan bahwa lemak merupakan salah satu hal yang sangat membahayakan untuk tubuh, terlebih lagi apabila dalam kadar yang tinggi apabila dites menggunakan alat pengukur lemak tubuh akurat pastinya hal yang satu ini merupakan faktor utama yang membuat orang menjadi gendut. Selain protein dan karbohidrat, lemak ini merupakan salah satu jenis makronutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, perlu diketahui juga bahwa kadar yang dikonsumsi juga tidak melebihi batas wajar. Maka dari itu, asupan lemak ini perlu dibatasi agar dapat berfungsi dengan normal dan juga tidak membahayakan tubuh. Berikut ini adalah beberapa hal yang merupakan fungsi dari lemak bagi tubuh manusia.

alat pengukur lemak tubuh akurat

Membantu Penyerapan Vitamin

Di dalam lemak, terdapat beberapa vitamin yang larut seperti vitamin A, vitamin D, dan juga vitamin K. vitamin-vitamin ini sangat penting untuk diserap oleh tubuh dengan baik, maka dari itu peran lemak sangatlah besar dalam hal ini. Jika Anda mengonsumsi makanan berlemak yang mengandung vitamin dengan jumlah banyak baka penting juga untuk mendapatkan zat gizi mikro yang cukup

Menghasilkan energi untuk tubuh

Meskipun biasanya orang mengangga bahwa protein dan karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh manusia setiap harinya, lemak juga ternyata merupakan salah satu dari sumber energi atau makronutrien lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.  Lemak ini memiliki sumber yang paling pekat karena menyediakan 9 kkal per 1 gram yang dikonsumsi sehingga membuatnya lebih dari dua kali lipat kandungan energi protein dan karbohidrat yang hanyalah sebesar 4 kkal per gram. Lemak ini disimpan di jaringan lemak tubuh yang melepaskan asam lemak ketika energi dibutuhkan.

Menyehatkan rambut dan kulit

Selain membantu menyerap vitamin dan menghasilkan energi, lemak juga memiliki peran untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut karena lemak sangat dibutuhkan untuk memproduksi sebum atau minyak tubuh yang gunanya adalah untuk menjaga kelembapan kulit dan juga rambut. Tidak hanya itu, lemak pun juga memiliki peran yang penting dalam pembentukan sel dan jaringan kulit serta rambut yang baru. Lemak baik semacam omega 3 dan omega 6 pun juga turut berperan dalam proses penyembuhan luka, pertumbuhan rambut hingga mencegah kerontokan.

Melindungi organ tubuh

Tidak banyak yang mengetahui bahwa fungsi lain dari lemak untuk tubuh adalah untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan dan benturan. Tidak hanya itu, lemak pun juga memiliki peran dalam hal membangun sel dan juga memproduksi hormon sehingga tubuh pun dapat berfungsi dengan baik.

Demikianlah sederet hal seputar berbagai fungsi dari lemak yang jarang orang banyak ketahui. Meskipun lemak ini memiliki fungsi yang baik untuk tubuh, perlu diingat juga bahwa kadarnya tetap harus normal dan tidak berlebihan.