Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara mengatasi hidung tersumbat bisa Anda lakukan saat sudah merasa tidak nyaman atau sering mengalaminya. Hidung tersumbat juga bisa tertangani dengan cara yang sederhana.

Masalah pada saluran pernapasan ini sering terjadi terlebih saat cuaca sedang tidak baik atau saat tubuh sedang kurang fit karena banyak aktivitas.

Tentunya saat Anda mengalaminya benar-benar terasa tidak enak, hanya seringkali orang mengabaikannya.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Meskipun hal ini bukan penyakit yang berbahaya, tetapi seringkali membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Nah, jika Anda sedang mengalami atau sering kali merasakannya, beberapa cara berikut bisa Anda lakukan untuk mengobatinya.

Penuhi Kebutuhan Air Pada Tubuh

Tubuh senantiasa memerlukan banyak air untuk tetap sehat, menjaga tubuh tetap terhidrasi juga bermanfaat untuk mencegah masalah ini.

Dengan tubuh tetap terhidrasi akan membuat cairan dalam tubuh menjadi lebih lancar, hal ini akan membantu untuk mengencerkan lendir.

Termasuk salah satunya lendir pada saluran hidung, kemudian cairan tubuh juga dapat membantu mendorong lendir keluar dari hidung dan mengurangi tekanan sinus.

Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama ini sangat sederhana, karena menjaga tubuh terhidrasi adalah kebutuhan manusia sehari-hari.

Menggunakan Kompres Hangat

Alat bantu yang dapat menghangatkan tubuh juga bisa membantu mengatasi masalah yang sering terjadi saat mengalami flu ini.

Kompres hangat bisa Anda buat dengan menggunakan benda yang ada di rumah, seperti handuk atau sejenisnya.

Dengan menggunakan kompres hangat pada hidung bagian luar akan membantu menghangatkan dan membuka saluran hidung dari luar.

Mandi Menggunakan Air Hangat

Masih tentang menghangatkan bagian tubuh, cara mengatasi hidung tersumbat yang selanjutnya yaitu dengan mandi air hangat.

Bagaimana air hangat bisa membantu mengatasi masalah ini, Nah uap air yang hangat ternyata dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung.

Selain itu, cara ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran hidung dan dapat membuat pernapasan Anda lebih baik.

Namun, kalau merasa malas untuk mandi karena sedang flu, menghirup uap air panas juga dapat membantu.

Mengeringkan Sinus

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mengeringkan sinus, ini bisa Anda lakukan menggunakan Neti Pot.

Neti Pot sendiri merupakan alat khusus untuk membantu mengeluarkan lendir dan cairan pada saluran pernapasan berupa wadah.

Untuk menggunakannya, sebaiknya pakailah air hangat atau air yang steril karena nantinya akan Anda masukan ke dalam hidung.

Cara menggunakannya cukup sederhana, Anda cukup berdiri pada posisi kepala di atas wastafel, selanjutnya tempatkan Neti Pot di salah satu lubang hidung.

Selanjutnya, Miringkan Neti Pot sampai air yang ada di dalamnya mengalir pada hidung dan tunggu sampai air keluar melalui lubang hidung lainnya.

Lakukan itu selama satu menit dan ganti pada lubang hidung yang lainnya sampai pernafasan Anda terasa lebih baik.

Menghirup Uap Hangat Bawang Putih

Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya adalah dengan menghirup uap hangat hasil rendaman bawang putih.

Bawang putih sendiri dipercaya memiliki kandungan antibakteri serta antijamur sehingga dapat membantu Anda mengatasi masalah di atas.

Cara membuatnya sangat mudah, cukup memotong beberapa suing sampai berbentuk kecil, masukan ke dalam air lalu panaskan.

Setelah panas dan mengeluarkan uap anda bisa langsung menghirupnya, hanya lakukan dengan hati-hati untuk menjaga wajah.

Posisi Tidur dan Tambahan Bantal

Posisi tidur juga dapat membantu terhadap pernapasan termasuk mengobati masalah di atas saat Anda mengalaminya.

Menambah bantal lebih banyak dan tidur pada posisi terlentang bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat dengan sederhana.

Posisikan tidur anda terlentang kemudian gunakan 2 atau lebih bantal untuk menopang kepala, hal ini akan membantu cairan hidung agar lebih mudah keluar.

Memasang Pelembab Udara

Memasang pelembab udara bisa menjadi solusi untuk Anda yang sering mengalami masalah hidung tersumbat.

Karena memasang pelembab udara akan lebih melembabkan ruangan karena mesin ini akan mengeluarkan uap.

Udara pada ruangan yang lebih lembab bisa mengobati iritasi atau pembuluh darah yang bengkak serta mengurangi lendir pada saluran pernapasan.

Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan pelembab udara sudah menjadi cara yang umum orang lakukan untuk membantu pernapasan tetap normal.

You May Also Like

About the Author: admin