29 November 2022

Berikan Makanan MPASI Bayi Saat Berusia 6 Bulan

Makanan MPASI Bayi

Pada usia 6 bulan, bayi biasanya sudah dapat mengakses makanan pendamping ASI (MPASI). Memberikan makanan MPASI bayi harus bertahap sesuai dengan jadwal MPASI. Namun, jangan lupa bahwa MPASI ini tentu saja harus disajikan bersama ASI karena dianggap sebagai pendamping menyusui.

Kenapa MPASI Diberikan di Usia 6 Bulan?

Idealnya, bayi Anda harus diberi ASI eksklusif sampai usia 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi harus diberi makan makanan bayi atau ASI dan makanan padat secara bersamaan. Namun, jika memungkinkan, Anda dapat terus menyusui hingga bayi Anda berusia 2 tahun atau 24 bulan.

Ada alasan khusus mengapa ASI eksklusif hanya berlangsung selama 6 bulan dan harus diberikan dengan suplemen setelah menyusui. Setelah usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi harian bayi Anda terlalu tinggi untuk dipenuhi hanya dengan menyusui.

MPASI bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari bayi yang tidak dapat terpuaskan dengan ASI atau susu formula saat tidak lagi menyusui. Makanan padat juga berfungsi untuk melatih keterampilan oromotor mulut (otot mulut), keterampilan motorik pada anak, dan mencegah masalah makan pada bayi.

Tanda-Tanda Bayi Dapat Diberikan MPASI

Meskipun memang pada umumnya makanan MPASI bayi diberikan setelah bayi menginjak 6 bulan, tidak semua bayi diberikan MPASI tepat di usia 6 bulan. Ada yang diberikan sebelum 6 bulan bahkan ada yang di atas 6 bulan. Ini bisa dilihat dari tanda-tanda bayi sudah siap diberikan MPASI yaitu:

  • Anak Anda dapat duduk dengan leher lurus dan mengangkat kepalanya sendiri tanpa bantuan.
  • Bayi menunjukkan minat pada makanan, seperti mencoba mengambil makanan di depan mereka.
  • Bayi menunjukkan keterampilan motorik yang baik, seperti mengambil makanan atau mainan dan memasukkannya ke dalam mulut.
  • Bayi mencondongkan tubuh ke depan dan membuka mulutnya saat ingin makan, atau bersandar dan menutup mulutnya saat tidak tertarik atau lapar.
  • Bayi Anda lebih lapar dan masih menunjukkan tanda-tanda lapar setelah menyusui.

Jika si kecil sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, Anda bisa mulai memberikan MPASI untuk si kecil. Tambahkan susu Nutrilon sebagai makanan MPASI bayi untuk membantu memenuhi tumbuh kembangnya yang juga mudah dikonsumsi.