17 Januari 2022

Aplikasi Belanja Online Solusi Berbelanja di Tengah Pandemi

Aplikasi Belanja Online

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat hampir semua kegiatan manusia dapat dilakukan secara online. Salah satu aktivitas masyarakat yang dapat dilakukan secara online yaitu seperti belanja. Apabila dahulu ingin berbelanja masyarakat harus meluangkan waktunya untuk datang ke toko langsung, namun sekarang tidak perlu repot melakukan hal tersebut. Saat ini, telah hadir beberapa aplikasi belanja online yang dapat membantu masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan.

Berikut ini beberapa aplikasi yang populer dan sering digunakan oleh masyarakat, yaitu :

  1. Shopee

Shopee Merupakan sebuah perusahaan aplikasi e-commerce (perdagangan elektronik) dari Singapura yang berdiri sejak tahun 2015. Perkembangan perusahaan ini cukup pesat, saat ini shopee tidak hanya menjangkau wilayah asia saja namun juga telah ada di negara Brazil. E-commerce ini sebagai wadah elektronik yang menyediakan jasa untuk menjual ataupun membeli suatu barang. Aplikasi ini sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia.

  1. Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik yang berasal dari Indonesia. Perusahaan ini memiliki logo burung hantu dan warna hijau, serta memiliki tag line selalu ada, selalu bisa, dan berdiri sejak tahun 2009. Saat ini perusahaan tersebut tidak hanya populer di Indonesia saja namun telah merambah ke wilayah asia tenggara lainnya. Aplikasi ini juga menjadi salah satu penyedia jasa untuk menjual dan membeli barang secara digital atau online.

Adanya aplikasi belanja online tersebut membantu masyarakat untuk berbelanja segala kebutuhan di tengah situasi pandemi. Sejak tahun 2020 lalu, danya pandemi virus corona membuat segala aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Hal ini karena untuk mencegah penularan virus corona tersebut. Tentunya ada beberapa hal kebiasaan masyarakat yang berubah, salah satunya yaitu belanja online semakin diminati masyarakat.

Cara berbelanja online cukup mudah dan dapat diakses dari berbagai kalangan masyarakat.

Tata cara belanja online

  1. Install aplikasi e-commerce

Pertama yaitu menginstal aplikasi e-commerce pada perangkat handphone anda.

  1. Daftar

Selanjutnya melakukan pendaftaran dengan membuat akun, disini anda harus mengisi berbagai data yang diperlukan agar dapat membuat akun, contohnya email dan nomer telpon yang aktif.

  1. Mulai belanja

Setelah terdaftar dan akun e-commerce anda terverikasi, anda dapat belanja secara online. Cukup masukkan kata barang apa yang ingin anda beli pada mesin pencari aplikasi tersebut. Nantinya barang yang anda butuhkan akan muncul dengan berbagai pilihan. Anda dapat memilih dan melihat harganya, setelah menemukan barang yang anda butuh tambahkan ke keranjang dan kemudian lakukan pembayaran.

  1. Lakukan Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer dari bank langsung, ataupun dengan menggunakan dompet digital lainnya seperti ovo, dana, gopay, ataupun shopeepay.

Itulah beberapa Informasi seputar aplikasi e-commerce yang sedang banyak dipakai oleh masyarakat.