6 Oktober 2022

5 Tips Mobil Kredit Mobil yang Tepat untuk Milenial

harga mobil

Pada dasarnya, membeli mobil bisa dilakukan secara cash maupun kredit sesuai dengan kemampuan seseorang. Jika Anda ingin membeli mobil untuk jangka lama dan tidak mudah tergiur keluaranĀ  baru, kredit mobil bisa jadi solusi. Terlebih harga mobil sendiri memang cukup tinggi di pasaran.

Perlu diketahui bahwa melakukan kredit pun tidak boleh sembarangan. Anda harus menyesuaikannya dengan kondisi keuangan agar nantinya tidak membebani kebutuhan lainnya. Meski demikian, kredit mobil tetap bisa dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal.

5 Tips Jitu Kredit Mobil Agar Tidak Menyesal

Kredit mobil merupakan keputusan besar dalam keuangan. Hal ini bisa mempengaruhi pengelolaan finansial Anda secara signifikan. Oleh karena itu, simak beberapa tips jitu kredit mobil berikut ini agar sesuai dengan penghasilan dan kebutuhan.

1. Memilih Lembaga Pembiayaan Terpercaya

Kredibilitas lembaga pembiayaan sangat penting diperhatikan ketika Anda memutuskan kredit kendaraan. Terlebih untuk tipe mobil yang demand-nya memang tinggi, tak jarang ada saja pihak tidak bertanggung jawab.

Masih banyak ditemui kasus penipuan yang dilakukan lembaga keuangan yang menyediakan pembiayaan kredit mobil. Terlebih jika Anda sudah membayar DP namun mobil tidak kunjung datang.

Sebenarnya, memilih platform online untuk beli mobil bisa menjadi solusi. SEVA merupakan produk digital dari Astra yang tidak perlu diragukan kredibilitasnya. Anda bisa memilih tipe mobil berdasarkan kemampuan finansial yang dimiliki.

Tak heran jika banyak yang terbantu dengan fitur instant approval untuk proses kredit yang mudah dan matang. Dengan demikian, cicilan mobil yang diajukan sesuai dengan tingkat risiko keuangan Anda.

2. Mengajukan Kredit dengan Suku Bunga Ringan

Anda mungkin sedang mencari DP rendah untuk cicil mobil, namun jangan lupa dengan tingkat suku bunganya. Seperti yang telah diketahui, bunga cicilan kendaraan biasanya menjadi beban cukup berat. Pembayaran bunga terus dilakukan sampai kredit lunas.

Semakin tinggi suku bunga, maka beban jangka panjangnya pun makin besar.Oleh karena itu, Anda bisa mencari tipe mobil yang menawarkan tingkat suku bunga rendah.

3. Mempertimbangkan Keberadaan Asuransi

Jika hendak membeli mobil dengan cara mencicil, maka sebaiknya tanyakan ada atau tidaknya asuransi. Setelah itu, lakukan review terhadap polis asuransi yang ditawarkan. Anda bisa bertanya mengenai cakupan layanan yang diberikan di dalamnya.

Apabila dibutuhkan, Anda bisa upgrade polis untuk meminimalisir kerugian yang bisa terjadi di kemudian hari.

4. Melakukan Test Drive

Sebaiknya Anda tidak melewatkan fase test drive sebelum deal membeli mobil. Tidak ada salahnya meminta dealer untuk melakukan uji kendaraan untuk menambah keyakinan Anda terhadap kendaraan tersebut.

Pada dasarnya, test drive sangat krusial karena Anda bisa langsung merasakan pengalaman berkendara di dalamnya. Dengan demikian, mobil impian akan terasa sendiri worth it atau tidaknya dengan harapan.

5. Mengecek Fitur Bersama Buah Hati Bagi yang Sudah Bekeluarga

Bagi yang sudah memiliki buah hati, maka mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan tentunya merupakan hal wajib. Mobil keluarga yang ideal seharusnya sudah mendukung fitur yang memudahkan orangtua dan membawa anak-anak.

Misalnya tersedia isofix, yaitu pengait carseat bagi balita dan anak-anak. Komponen lainnya yaitu child lock atau auto lock yang membuat anak tidak bisa membuka jendela dan pintu sembarangan. Untuk keamanan penumpang di kursi belakang pun membutuhkan fitur side air bags.

Memiliki kendaraan impian tidak hanya memudahkan Anda berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Kendaraan yang nyaman tentunya dapat menunjang mobilitas dan meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, pastikan kendaraan yang hendak dibeli sesuai kebutuhan dan budget.